langkah-langkah dan komponen pembuatan website

berikut langkah-langkah mudah dalammembuat sebuah website:

1. Persiapkan alamat website (domain)
Nama domain merupakan nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet. Nama domain memberikan kemudahan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengenal deretan nomer atau yang dikenal IP.

Untuk itulah perusahaan membutuhkan “nama doamain” (misalnya alamat domain berupa “www.PerusahaanAnda.com” atau “www.PerusahaanAnda.co.id”). Dengan membeli nama domain tersebut, pengguna internet cukup memasukan “www.PerusahaanAnda.com” ke internet explorer (browser) mereka untuk mengunjung website yang dibuat perusahaan. Sebagai contoh: untuk mengunjungi wabsite Yahoo, cukup memasukan “www.yahoo.com” atau “yahoo.com” ke internet explorer. Nama domain tersebut yang akan mengantarkan pengguna internet ke website perusahaan.

2. Hosting
Setelah mendapatkan alamat website/ nama doamain, kemudian dibutuhkan servis yang dinamakan web hosting. Web hosting adalah menyewakan ruangan hard disk dan fasilitas di server internet untuk mendapatkan dokumen-dokumen web (html, database, audio, video, dsb) Sehingga menjadi situs web yang dapat dikunjung dari seluruh dunia.

Mengapa membutuhkan domain?
Bila bisnis ingin diketahui informasi mengenai perusahaan dan mudah ditemukan oleh khalayak dunia, atau ingin citra perusahaan meningkat dengan online di internet. atau bila mempunya bisnis berbasis internet, maka perusahaan memerlukan server yang terhubung dengan internet selama 24 jam sehari untuk menempatkan homepage perusahaan.

3. Tentukan isi dari website
Menyiapkan segala informasi yang dibutuhkan, seperti:
a. Content: informasi yang akan dimuat kedalam website yang berupa text dan kumpulan foto-foto.
b. Design: tampilan yang dibuat untuk keindahan tampilan di website sehingga menarik perhatian para pengunjung agar betah melihat website perusahaan, sehingga tertarik melihat seluruh informasi yang telah disiapkan oleh perusahaan.

Cara membuat design atau isi website
design dari website tergantung dari jiwa seni masing-masing perusahaan, yang tentunya hal ini mempengaruhi ketertarikan pengunjung untuk melihat web secara keseluruhan. Membuat halaman web bisa menggunakan software apa saja, tetapi yang harus diketahui script apa yang digunakan. untuk script atau perintah dasar dari html bisa dipelajari melalui :
http://www.rumahweb.com/journal/dasar-dasar-html-i.htm
Tapi ada juga beberapa software yang memang khusus digunakan untuk membuat design tampilan website. Seperti yang banyak digunakan adalah untuk tampilan awal biasa menggunakan software adobe photoshop yang biasa digunakan untuk mengedit foto dan mempercantik gambar yang akan ditampilkan di website. kemudian dapat dimodifikasi dengan menggunakan software macromedia dreamwaver, tetapi software ini harus memiliki banyak pengetahuan mengenai script atau perintah HTML. ada juga yang menggunakan software notepad untuk melakukan sedikit perubahan pada file html tadi.

Bagi sebagian perusahaan yang sudah memiliki website, memiliki beberapa kendala seperti adanya kesulitan bagi pelanggan dalam mengakses atau mencari website di search engine. hal ini tentu menjadi kendala bagi perusahaan. berikut adalah beberapa langkah agar wesbsite perusahaan dapat terdeteksi oleh search engine Google.

Cara membuat website listing di google

1. Memilih nama domain
nama domain akan menjadi keyword pencarian sebuah obyek yang di cari di internet. Untuk itu nama domain dianjurkan sesuai nama perusahaan atau sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Memilih tempat hosting
Hindari pemilihan tempat hosting atau server penyimpanan data web yang sering bermasalah atau sering down. server yang sering down dapat mempengaruhi kinerja dari web perusahaan terutama kinerja dari robot search engine.

3. Design web yang ringan
dianjurkan dalam membuat design dari web menggunakan aplikasi-aplikasi yang ringan karena hal ini dapat mempengaruhi loadingnya website pada search engine.

4. Penggunaan Meta Tag
Penggunaan meta tag harus sinkron antara isi atau content website. antara tittle, description dan keyword harus sinkron dengan isi website pada body page atau lembaran web. Antara page awal dengan halaman yang lain harus beda sesuai dengan content halaman yang bersangkutan.

5. Broken Link
perlu diingatkan bahwa agar website yang di onlinekan tidak broken link. Usahakan agar link-link dari page awal sampai ke page-page lainnya tidak bermasalah atau bisa diakses, sehingga tidak mengganggu dalam proses browser oleh user dan yang lebih penting oleh robot search engine.

6. Submiting
Setelah melakukan semua langkah di atas, selanjutnya adalah submit, tukaran link, mengisi guestbook, masuk forum dan beri komentar-komentar pada blog orang lain dan lain-lain. Hal ini sangat mempengaruhi posisi website perusahaan pada lalulintas internet dunia dan berpengaruh pada page rank.

inilah yang bisa disampaikan mengenai langkah-langkah mebuat website serta kegunaannya di dunia bisnis.,.. smoga aja bener yah pak, ini merupakan tugas dari pertemuan kedua e-business dan smoga bermanfaat bagi yang membacanya,,… see you at the next assignment

Komponen-komponen yang dibutuhkan dalam membuat website :

1. Web design
Adalah ilmu untuk membuat tampilan website lebih menarik seperti warna website, gambar-gambar, dan background. Untuk menjadi seorang web designer atau orang yang ahli dalam membuat tampilan website agar lebih menarik dapat dicapai dengan belajar bahasa HTML dan css. Selain itu dibutuhkan juga keahlian dalam menggunakan Photoshop atau Corel Draw.

2. Web Programming
Adalah ilmu untuk membuat aplikasi atau software berbasis web. Berbasis web disini maksudnya yaitu aplikasi tersebut harus dapat diakses melalui browser seperti mozilla firefoz atau internet eksplorer. Semua website yang interaktif seperti di facebook , kita dapat memposting wall, terus upload foto, nge like status temen, semua fungsi-fungsi tersebut diprogram dengan bahasa web programming. Contoh bahasa web programming adalah PHP, ASP, PERL dan lain-lain.

3. Database programming
Nah database programming merupakan suatu ilmu yang digunakan untuk mengatur data-data pada website. Database berfungsi untuk menyimpan data-data yang ada seperti user account, kalo di facebook contohnya seperti data-data di profile kamu, nah semua itu disimpan dalam database. Untuk mempelajari database kita bisa belajar dengan bahasa Mysql dan lain-lain.

Tiga komponen di atas sangat berkaitan satu sama lain. Ketiganya tidak dapat terpisahkan. Oleh karena itu untuk membuat website kita harus paham dengan tiga komponen di atas terlebih dahulu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: