Apa yang dimaksud dengan Snooping, Spam, Spoofing, Phising, Pharming, Cookies dan Spyware ???

Snooping adalah suatu pemantauan elektronik terhadap jaringan digital untuk mengetahui password atau data lainnya. Ada beragam teknik snooping, yakni:
1. Shoulder Surfing (Pengamatan langsung terhadap display monitor seseorang untuk memperoleh akses)
2.Dumpster Diving (Mengakses untuk memperoleh password dan data lainyya)
3. Digital Sniffing (Pengamatan elektronik terhadap jaringan untuk mengungkap password atau data lainnya).
Spoofing dapat didefinisikan sebagai “Teknik yang digunakan untuk memperoleh akses yang tidak sah ke suatu komputer atau informasi, dimana penyerang berhubungan dengan pengguna dengan berpura -pura memalsukan bahwa mereka adalah host yang dapat dipercaya”. Dalam bahasa networking, spoofing berarti pura-pura berlaku atau menjadi sesuatu yang sebenarnya bukan.
Spam adalah penyalahgunaan sistem pesan elektronik (termasuk media penyiaran dan sistem pengiriman digital) untuk mengirim berita iklan dan keperluan lainnya secara massal. Umumnya, spam itu menampilkan berita acara secara bertubi – tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. Pada akhirnya, spam dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web.Orang yang menciptakan spam elektronik disebut spammers.
Phising merupakan teknik licik yang digunakan oleh pencuri dan hacker untuk menipu pengguna internet dengan cara mencuri informasi penting, biasanya hal ini berkenaan dengan informasi keuangan (nomor rekening dan kartu kredit) dan informasi login (ID dan Password).

Pharming adalah suatu cara yang digunakan untuk mengarahkan pengguna situs tertentu untuk masuk ke situs palsu yang mana interface dari situs itu dibuat mirip sekali dengan situs asli. Lalu bahayanya apa? Loh jelas bahaya, sebab di situs palsu itu ada form login, dengan mengisi form username dan password di situs plasu itu, maka username dan password kita bisa disimpan oleh pemilik situs palsu tersebut untuk digunakan di situs asli.
Cookies adalah file teks yang ditulis oleh browser client ke dalam komputer client yang berisi informasi yang dikirimkan oleh server. Informasi yang telah dituliskan tersebut selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasikan client, kemudian melakukan hal – hal lain sesuai dengan kebutuhan.

Spyware yang juga dikenal dengan nama “adware”, adalah semacam program tersembunyi yang berfungsi mengirim informasi mengenai komputer yang terinfeksi melalui komunikasi internet ke si pembuat spyware ini. Biasanya spyware otomasti terinstall di komputer kita secara otomatis akibat kita mendownload software tertentu atau mengklik iklan tertentu dari sebuah situs. Spyware menjadi berbahaya karena saat ini spyware tidak hanya sebagai pengirim info tersembunyi saja, tapi juga menginstall semacam program khusus (sering disebut ‘trojan’) yang pada akhirnya si pemilik spyware biasa memata-matai sega;a aktivitas yang kita lalukan di internet tanpa sepengetahuan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: