Pengantar Quantum Computation

  • Pendahuluan

quantum computation bahasa dari quantum komputer yang berarti adalah sebuah alat perhitungan yang menggunakan kuantum mekanik fenomena yang gunanya untuk melakukan operasi pada data.

  • Entanglement

adalah salah satu mekanika kuantum yang terkenal, atau sifat dasar dari mekanika kuantum  Entanglement memungkinkan informasi kuantum tersebar dalam puluhan ribu kilometer dan hanya dibatasi oleh seberapa cepat dan seberapa banyaknya pasangan entanglement dapat bekerja dalam ruang.

  • Pengoperasian data qubit

qubit secara simultan. Ini adalah kunci untuk menghindari kehilangan informasi kuantum. maka itu qubit lah yang menyimpan nilai tersebut yang berupa 0 dan 1 dari masing-masing superposisi, Dengan demikian, qubit dapat berisi sejumlah besar informasi dan hasil ini dalam komputer quantum yang secara eksponensial lebih kuat daripada komputer klasik (non-quantum).

  • Quantum Gates

quantum gate termasuk sebuah petunjuk yang memiliki cara atau perhitungan dari komputasi kuantum tersebut dan khususnya model rangkaian kuantum perhitungan, sebuah gerbang kuantum (quantum atau gerbang logika) adalah dasar kuantum sirkuit operasi pada sejumlah kecil qubit. Tidak seperti banyak gerbang logika klasik, gerbang logika kuantum yang reversibel. Namun, komputasi klasik dapat dilakukan dengan menggunakan hanya gerbang reversibel. Misalnya, gerbang Toffoli reversibel dapat melaksanakan semua fungsi Boolean. Gerbang ini memiliki setara kuantum langsung, menunjukkan bahwa sirkuit kuantum dapat melakukan semua operasi yang dilakukan oleh sirkuit klasik.
Quantum gerbang logika yang diwakili oleh matriks kesatuan. Gerbang kuantum yang paling umum beroperasi pada ruang satu atau dua qubit, seperti yang umum gerbang logika klasik beroperasi pada satu atau dua bit. Ini berarti bahwa sebagai matriks, gerbang kuantum dapat dijelaskan oleh 2 × 2 atau 4 × 4 matriks kesatuan

  • AlgoritmaShor

algoritmashor adalah sebuah permasalahan yang dipecahkan dengan menggunakan algoritma tersebut yang ditemukan oleh Peter Shor pada tahun 1995, sebuah komputer quantum dapat memecahkan sebuah kode rahasia yang saat ini secara umum digunakan untuk mengamankan pengiriman data. Kode ini disebut kode RSA. Jika disandikan melalui kode RSA, data yang dikirimkan akan aman karena kode RSA tidak dapat dipecahkan dalam waktu yang singkat. Selain itu, pemecahan kode RSA membutuhkan kerja ribuan komputer secara paralel sehingga kerja pemecahan ini tidaklah efektif.

referensi:

http://paperfold.wordpress.com/2011/05/28/algoritma-kuantum/

http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Matdis/2008-2009/Makalah2008/Makalah0809-087.pdf

http://en.wikipedia.org/wiki/Quantum_gate

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: